Posted in Uncategorized

Esok lusa kalian akan tau 😂

Berterima kasihlah pada mereka yang menyakitimu, atau bahkan melakukannya terus menerus…karena berkat jasanya lah…kamu memiliki hati yang kaya akan rasa.
Berterima kasihlah pada mereka yang memperlakukanmu dengan hal hal yang menyebalkan, menghinakan, bahkan menguras darah dan air mata….#lebaynyakeluar karena berkat “jasa” merekalah…kita semakin mengenal Tuhan kita
Karena sejatinya, tidak berkurang sedikitpun kemuliaanmu karena penghinaan, tidak bertambah sedikitpun harga diri mu karena pujian….
Mudah saja bagi Allah untuk membuatmu mulia atau terhina, semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada yang sulit bagiNya, sama mudahnya seperti memasukkan siang ke dalam malam dan malam ke dalam siang.
Oh iya…satu hal sebagai penutup sebelum lupa,
Esok lusa kalian akan tahu…
(Hahahha ya kaliii….biar ada kesan misteriusnya gitu beb…) 😂😂😂

Advertisements
Posted in Uncategorized

Esok lusa kalian akan tau 😂

Berterima kasihlah pada mereka yang menyakitimu, atau bahkan melakukannya terus menerus…karena berkat jasanya lah…kamu memiliki hati yang kaya akan rasa.
Berterima kasihlah pada mereka yang memperlakukanmu dengan hal hal yang menyebalkan, menghinakan, bahkan menguras darah dan air mata….#lebaynyakeluar karena berkat “jasa” merekalah…kita semakin mengenal Tuhan kita
Karena sejatinya, tidak berkurang sedikitpun kemuliaanmu karena penghinaan, tidak bertambah sedikitpun harga diri mu karena pujian….
Mudah saja bagi Allah untuk membuatmu mulia atau terhina, semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada yang sulit bagiNya, sama mudahnya seperti memasukkan siang ke dalam malam dan malam ke dalam siang.
Oh iya…satu hal sebagai penutup sebelum lupa,
Esok lusa kalian akan tahu…
(Hahahha ya kaliii….biar ada kesan misteriusnya gitu beb…) 😂😂😂

Posted in Uncategorized

Life coaching sama Irma Rahayu, ngapain aja? (2)

Nerusin tulisan yang waktu itu ah….

Life coaching sama Irma Rahayu ngapain aja sih?
Sebagaimana sudah di ketahui khalayak ramai….eaaa hahahhah…..gini gini….sebagian besar udah tau gue itu kelakuan minus banget, orang  yang deket gue sering komplen tentang ini. Rebek abis lah…

Rebek gimana maksudnya beb?

Lisan jleb jleb macam belati, nusuk kemana mana, muka masem kaga ada berseri seri nya acan….cerau ceria dan senyum cuman kalo butuh aja alias penjilat 😑

Kasar, jauuhh dari lembut, grasak grusuk….kalo mau apa apa kudu POK SOK….mau sesuatu kudu sekarang juga….jauuhh lah dari yang namanya tenang dan menenangkan

Kadang kalem sih, tapi sebenernya nusuk…maunya menang sendiri…masalah dibikin lebaayy….di bumbuin sana sini biar orang simpati ma gue, biar begini biar begitu….yess i’m a drama queen 😭😭😭
Astagfirullah….nulis begini aja bengek hahhahaha, ya Allah kelakuan gueee 😑
Ada yang mirip? #julid nyari temen rebek 

Apa hubungannya sama LIFE coaching?

Begitu masuk zona coaching, mamak bilang gini : gigit kuat kuat lidah lo, kalo perlu lu gigit itu sandal jepit untuk 2 hal….ga boleh ngutang, dan jaga lisan lo jangan jleb kayak belati

Dueenngg 

Why mak? Waaaayyy? Lisan gue baik baik aja ah, gue ngomong apa adanya ko? 

#carialesan 😑

Akhlak mulia itu, benteng dari api neraka nak

Emang akhlak gue ngga mulia ya mak

Menurut nganaaaa?

Hahahahah….#ketawagetir

Lo cari sanah bahasa quran atau hadist nya pgimana, pake otak lo, hati lo, biar ga dingin kayak es

Glek
Ketika buka buka lagi materi pengajian, gue menemukan ini :

Rasulullah Shalallahu’alaihi wasalam bersabda : mau kah kalian aku tunjukkan orang yang HARAM baginya tersentuh api neraka?

Sahabat menjawab : mau ya Rasulullah

Hayyin, orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin

Layyin, Orang yang lembut dan santun, baik dalam tutur kata atau bersikap

Qarib, Akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang diajak bicara. Dan murah senyum jika bertemu

Sahl, Orang yang tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan

(HR. Tirmidzi dan Ibnu Hiban)
Gue terdiam cukup lama, flash back lagi seluruh proses life coaching….oohhh jadi ini alesannya kenapa mamak selalu menekankan pada satu kata TENANG….

Begitu gue konfirmasi ke mamak

Jadi, semua tugas tugas yang mamak kasih ke gue dan sodara sodara seperkocingan, itu tujuannya untuk menghindarkan diri dari api neraka mak?

Hmmm

Tapi gue maunya kaya, mau lunas utang mak

Ya udah, berenti aja kocingnya, cari dukun sanah, ngepet keq, sapa tau lo berhasil banyak duit seketika

Njiirr hahahahaha

Nak, kalo lo mau kaya doang mah gampang, gue tau persis caranya, dan dijamin berhasil kalo cuma datengin duit doang, jaman gue kafir dulu…itu maenan gue….tapi hampa nak…Allah mencabut nikmatnya, harta yang lo dapet berubah jadi laknat…istidraj

Tapi gue pengen lunas utang mak, pengen jalan jalan, pengen ini pengen itu
Mamak natep gue tajem, tarik nafas panjang, tapi tetep senyum…..hahahaha….kalo udah gini gue cuman bisa nyengir 😅

Nak….lo tobat dulu yang bener, lo bersihin dulu diri lo…ngesot dulu cari Allah, ngesot mohon ampunannya….setelah itu lo lihat apa yang terjadi…

Apa mak?

Lo ngga minta pun, Allah kasih!

————-
Trus gue bingung lagi, selama di coaching gue banyak di “lambe” in, banyak di jleb in mamak dengan bahas yang cukup keras, cablak, kalo buat yang baru pertama denger mungkin kesannya kasar
Gue tanya lagi doong hahhaha, ko begitu 😅

Kan mau tenang, kenapa malah gue di korek segala macam hal, kadang dengan bahasa yang beyond imagination

Kenapa juga gue kudu inget inget masa lalu? Yang udah lewat mah ya udah siii biarin aja, tutup aib rapat rapat, lupakan…tinggal lanjutkan hidup…beres

Jawaban mamak : lo cek dulu ke hati lo, yang bikin lo sakit itu….bahasanya yang kasar, atau kenyatan yang ga bisa lo terima? Kenyataan kalo yang di omongin coach lo ini bener?

Ngggg…….iya sih mak…bahasanya sih biasa aja, tapi kebenarannya yang bikin gue sakit, denial, gue ngga gituuuu, gue orang baek…..itu yang di rasa hati gue mak
Ituh….bahasa yang gue pakai ke lo dan sodara sodara lo….di sesuaikan dengan kebutuhan soul lo masing masing….
Kenapa gue kudu ngaku dosa dosa gue, kan di islam ga ada pengakuan dosa?

Apakah gue sebar aib lo nak? Apakah gue pake semua informasi itu untuk menyulitkan lo?

Iya mak menyulitkan, karena gue jadi pusing…kaga tenang….inget dosa gue ternyata banyak banget 😭 kaga abis abis…..gimana caranya biar di ampuni 😭😭😭
Naahh itu emang  SENGAJA hahhaha, biar lo mikiirrrr…..yang lo inget cuma apa yang ga bisa lo dapet….cuma inget sulit sulitnya aja…..LO GA INGET kalo dosa, maksiat, yang menghalangi doa doa lo dikabulkan!
Dosa…walaupun lo udah tobat, tetep lo akan dapet konsekwensinya….atau….lo mau terima tagihan di akhirat aja?
Ngga maaakk 😭😭😭

Bersambung………

Ya Allah, sebagaimana Engkau telah menciptakanku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku

Posted in Uncategorized

Sabotase diri sendiri

Beberapa hari ini ga enak banget badan. Bener bener mau shut down. 

Gue lagi melawan MAGER….males gerak, ya ampuunnn……gue bisa seharian diem ga ngapa ngapain selain makan, tidur, maen hp…..ada dorongan untuk menunda semuaaaa yang harus gue kerjakan….ada yang lagi begini juga?
Males banget ya Allah……whats wrooonggg….Malesnya tingkat dewa….sampe males jualan, males mandi, males minum….dan males males lainnya.
Akhirnya gue putuskan untuk diem dulu, mikir dulu….macem punya pikiran ajah hahahhahah…..muhasabbah, introspeksi, atau apapun lah namanya……
Kenapa ini bisa terjadi? Sebenernya apa yang gue rasain? Apa yang sedang terjadi?

Mikir lagih, mencoba jujur dengan perasaan sendiri….ternyata gue lagi merasa stuck….apapun yang gue lakukan rasanya ga ada manfaatnya…ga bikin utang gue lunas dengan cepat, ga bikin gue kaya mendadak, ga bikin gue mendapatkan apa yang gue inginkan.

Ko Allah gini amat ama gue….ko masalah gue ga kelas kelar? Ko utang gue ga lunas lunas? Ko malah orang lain yang hidupnya seneng? Ko ini ko itu?

Gue sibuk nyalahin pihak lain, lupa…kalo diri sendiri punya andil dengan porsi paling banyak. Gue berpikiran kalo orang lain mensabotase gue. Trus tiba tiba gue terhenyak….
Yakin orang lain yang menjegal lo? Yakin orang lain yang mensabotase lo?
Bukan lo sendiri yang sabotase diri sendiri?

Deim…..

Gue runut lagi semua kejadian inih……gue sampe di titik males bayar utang, gue males kerja, gue males nyari duit….karena gue pikir gue kerja cape cape tapi gue ga menikmati hasilnya, malah dipake buat bayar utang! Putus asa….futur…..
Gue pikir lagi….kenapa gue males bayar utang? Dan eng ing eeengg…….ketemu jawaban….kalo gue lunas utang….drama gue ilang!

Drama gue tertinggi sebagai korban….yang ga mau gue lepasin. Why??? Karena kalo gue lepas drama drama ini….gue akan kehilangan panggung. Orang ga bakalan empati lagi ke gua, ga bakalan kasian lagi sama gua. 
Kalo utang gua lunas, gue akan kehilangan banyak hal, terutama perhatian


Ya ampuunn….ternyata, gue mensabotase diri gue sendiri. Gue ga mau utang gue lunas….dengan alasan yang gue bikin bikin sendiri. Gue ga maj lunas karena takut kehilangan panggung.
Trus gue ngantuk setengah mati 🙈😅

Posted in Uncategorized

Life Coachingnya Irma Rahayu ngapain aja sih?

Pertanyaan itu sering mampir ke gue, lo ngapain aja coaching?
Coaching pada pada dasarnya ngajak berpikir. Jadiii bukan si coach nyulap hidup lo jadi serta merta sesuai keinginan lo. Bukaaann…..si coach ngajak lo berpikir, ngajak lo gerak…sampe akhirnya tujuan lo tercapai.
Trus Irma Rahayu metode coachingnya gimana?

Jujur ya, dulu kalo ditanya metode gue kan pusing jelasinnya, karena random bangettss beb. Setiap orang beda beda perlakuannya. Sampe akhirnya setelah 3 tahun gue di gempur Mamak (sebutan kita para coachee ke teh Irma Rahayu)…gue menemukan satu pola.

Life coaching pada intinya mengembalikan kita ke track, benerin aqidah, benerin keyakinan kita pada Allah.
Ko bisa yakin gitu sih beb? Jangan jangan lo mengkultuskan manusia? Jangan jangan lo malah melenceng dari syariat?

Duh beb….

Jadi gini, kocing itu menggempur 4 hal :

Kesholehan fisik

Kesholehan ilmu

Kesholehan akhlak

Niat yang lurus hanya karena Allah
Yang ternyata, ketika gue balik ke pengajian….4 hal itu CARA UNTUK MENINGKATKAN TAQWA….menjadi manusia yang sholeh
Memang di awal kontrak, semua coachee ditanya….kenapa lo ikut coaching? Apa goal elo? Kalo gue sendiri sih target pengen LUNAS UTANG dan beberapa hal yang pengen gue perbaiki, pengen gue improve.
Begitu melalui proses life coaching…..ko….begini ya….ko gue ngga di arahkan ke bisnis, ngga di benerin cara gue jualan atau apa lah yang bikin gue bisa cepet dapet duit…biar cepet lunas utang gue.
Malahan gue di suruh ikhlas lah, suruh benerin hubungan sama beberapa orang lah, suruh benerin pompa rusak, benerin rumah yang bocor….ga ada hubungannya sama sekali sama utang
Tapi anehnya…..gue bisa nyicil utang gue sedikit demi sedikit….
Bersambung……

Posted in Uncategorized

Sibling Rival

Sudah hampir sebulan nemenin ibu ibu KIMI curhad…..ya Rabb….macem macem ya hidup…..
Dapet pelajaran banyak dari situ, hal hal sepele di masa lalu akan berpengaruh di masa depan, saangat berpengaruh….apa aja?
Contoh kasus sibling rival…ternyata ini pun macam macam jenisnya, macam macam efeknya…..sementara pelakunya sendiri ngga nyadar….cuma saat ini dia KEBINGUNGAN…..menncari cari jawaban, kenapa hidup dia sangat lelah…kenapa hidupnya merasa tidak dihargai, kenapa hidupnya tidak pernah puas, kenapa ibadah hanya jadi penggugur kewajiban saja….
Bahkan ada kasus sibling rival yang membuat seseorang ketika dewasa jadi kompetitif banget dan hawanya NGAJAK PERANG mulu, sama siapapun….termasuk pasangan
Ada yang ngalamin disini? 
Gue sih ngacung hahahahahaha
Kenapa penting sih nyari nyari akar masalah begitu? Ngorek ngorek masa lalu? Itu kan aib, itu bikin malu, itu kan sakit, itu kan harusnya di simpen rapet rapet?
Ketika kita tau apa akar masalahnya, akan lebih mudah bukan untuk menentukan solusinya?
Kalau kita tau luka nya dimana, akan lebih mudah bukan untuk ngobatinnya?
Seperti kita sakit kepala…..belum tentu kepala kita yang sakit, bisa saja itu dari gigi, dari lambung yang naik asamnya……kalau kita hanya focus ngobatin kepala….sakitnya bisa balik lagi balik lagi…..why? Karena ngobatinnya ngga tepat sasaran
Gue : mak…ko gue zonk ya, beberapa hari ini rasanya pengen meleddaakkkkk

Mamak : gih meledak

Gue : ngggg…….

Mamak : belum waktunya ngeluh, dosa dosa lo lagi ditampakkan, bayar itu dosa dosa….bukannya banyak banyakin tobat, masih sempet sempetnya ngeluh 

Gue : 😶

Mamak : harusnya lo bersyukur, lo masih dikasih kesempatan bayar, coba kalo semua tagihan bayarnya di akhirat
Dan gue hanya bisa mewek dipojokan 
Cocol sambel apa selai ya enaknya 😭

Posted in Uncategorized

Tanggung jawab lo!

Topeng apa ya yang akan gue pake hari ini…..fiuh….

Postingan kali ini tentang percakapan sambil ngadep kaca
Ketika realistis menjadi saaangat sulit….ko bisa begitu ya….gue juga heran beb 😂
Keinginan dengan kebutuhan tumpang tindih. Campur aduk dengan ego, butuh pengakuan, dan trauma trauma yang tak tergali. Belom lagi sarapan paginya sosmed….ada IG ada pesbuk ada twitter ada path…..yang isinya tentang kesempurnaan tokoh tokoh yang lo pollow……tentang apa apa yang mereka miliki, tentang konsep kebahagiaan yang selama ini lo kejar….eh salah…gue kejar maksudnya 😅
Jadi ngeblur sudah…..ini nih sebetulnya kepengenan siapa? Kepengenan lo atau lo masuk ke kehidupan orang lain? Atau lo salah pake kacamata? Kacamata penuh lumpur yang lo pake?
Ngomong apa sih beb pagi pagi hahahaha, udah sarapan belom?
Ini gegara gue mau sesuatu tapi ngga terpenuhi…gue pengen punya ini punya itu, gue pengen begini begitu, gue pengen si ini begini si itu begitu…..gimana caranya harus bisa, harus dapet……tapi terbentur ini terbentur itu, ga bisa begini ga bisa begitu, jalanan kayaknya ko nutup semua sih? 
Terus kudu ngapain? Healing kan udah….ko masih gini gini aja?
Ya ampuunnn bebbb, lo lagi putus asa banget ya sama hidup lo?
Ga usah sok sok analisa nan, tanggung jawab lo ngajak ngajakin gue healing tapi kenyataannya hidup gue masih gini gini aja
Duh…susah ya ngomong sama yang lagi buta hahhaha, gini beb….lo punya masalah…ooh ngga….lo bikin masalah udah berapa lama?Setahun? Dua tahun? Sepuluh tahun? 
Sepanjang hidup gue hahahahah
Kalo dosa beb? Udah lo itung belom dosa lo gimana? Dari kapan, seberapa banyak?
Hehehhe bergunung gunung dan gue memang pendosa 😑

Tapi gue udah ngakuuuu, masa sih ga diampuni? Masa sih itu bikin gue ga berhak mendapatkan kebahagiaan yang gue mau, masa sih itu bikin gue hidup blangsak…..masa sih…masa sih…katanya…katanya…
Beb…..lo pikir cukup pake ngaku? Di ampuni mah diampuni, tapi lo tetep kudu bersih bersih, dan nerima konsekwensi atas segala pwrbuatan lo. Atau lo mau di akherat ajah gitu terima resikonya?
Ya ngga lah……..
Healing itu, cuma anak kunci…..elo yang memutuskan akan buka pintunya apa ngga, setelah lo buka lo akan masuk apa ngga, setrlah masuk akan berjuang apa ngga, setelah terbuka lo akan hadepin apa ngga apa apa yang ada di depan loo….atau lo kabur keluar lagi, dan cari pintu pintu lain yang belom jelas bakal nganterin ke tujuan lo apa bukan sampe malah nyasar kemana mana
Jadi saran gue sih beb, ga usah lah lo kebanyakan liat kiri kanan. Mereka terlihat bahagia terlihat tidak ada masalah dalam kehidupannya….percaya deh…itu kacamata lo yang lagi kotor. Kita tidak tau apa yang sudah Allah ambil dari mereka, atau kita tidak pernah tau karena mereka tidak pernah mengeluh

Posted in Uncategorized

Poligami 😅

Seliweran video salah satu publik figure yang beristri 2, eh 3 sekarang mah….
Memahaminya emang ga boleh pake perasaan, poligami itu syariat yang di bolehkan dalam Islam. Bahkan jadi solusi untuk banyak kasus.
Mungkin bapak publik figure itu punya masalah, yang memang hanya bisa diselesaikan dengan poligami. 
Yang jadi perhatian gue adalah…wajah istri beliau yang penuh kemarahan…glek….
Sok tau lo beb! Bodo hahhahaha

Beliau pasang di publik artinya sudah siap dengan segala konsekwensinya…..trus gue deg deg an….konsekwensi apaan yang bakal gue dapet dengan posting beginian 😅
Ada cerita kecil yang pengen gue bagi…..
Pernah, sahabat gue yang dateng dan melamar gue untuk suaminya….muke gileeee….gue ampe cengo….ari situ sehaaatt nok? 
Sahabat : Laki gue mau poligami, lo mau ga jadi madu gue

Gue : Hah???

S : gue serius

G : hah???

S : mau kagak?

G : elu nawarin laki kayak nawarin gorengan

S : ya gimana, kalo sama lo mungkin akan lebih mudah kita komunikasinya

G : hah??? Nok…lo dengerin bae bae ya….nih kondisi gue….utang gue masih banyak, anak gue 4 dan ikut gue semua, gue banyak tuntutan, gue posesif akut….bisa bisa laki lo gue ambil semua….itu mau lo?
Akhirnya sepanjang hari itu, gue mendengarkan curhatannya…….wallahi….tidak sedikitpun keraguan dengan syariat yang satu ini….begitupun sahabat gue.
Cuma namanya perempuan…dalam kondisi akan di poligami….tetep aja baper, marah, kesel, cemburu, merasa jelek, merasa tidak diinginkan, merasa dibuang, merasa insecure dengan masa depannya…dan perasaan perasaan lainnya…
Dan untuk perempuan yang masbuk (nyusul 😂) ada hati juga yang perlu di manage…bener ngga inih mau gabung dengan pernikahan ini, meruntuhkan rumah tangga yang sebelumnya atau ngga, menyakiti…kalo menyakiti sih ga usah di bahas yak….pasti adalah sakit sakit cemburu begitu mah, bisa ngga menahan diri untuk tidak mengambil kue lebih banyak….dsb dsb…
Yang di edukasi bukan cuma yang laki dan istri pertama, cemuaaahh…..belum lagi kalau ada anak anak….
Harusnya berserah lah sama Allah, kan ini syariat dari Allah…pasti baik bagi kita….
Heh beb….😂…….

Ikutan HEALING FOR COUPLE aja yuk hahahaha…..

21 Oktober 2017
Buat nyamain frekuensi suami dan istri, kalo udah sefrekuensi mah….urusan ntar mau poligami apa ngga….lebih enak komunikasinyah

Posted in Uncategorized

So SIAL MEDIA

Diam dulu di tempat. Ujian, cobaan, hantaman, impian, suka duka, menangis, tertawa, susul menyusul tiada henti….

Lelah…sesak…dunia ini rasanya terlalu ramai, terlalu sesak, terlalu penuh dengan para pedagang online….semua saling berteriak menawarkan dagangannya. Berusaha menarik perhatian setiap pengguna sosial media.

Dulu….industri pertelevisian saling berperang untuk memenangkan pertarungan dengan cara memanjakan mata penonton….perlombaan sangat seru…per sekian detik….

Sekarang pertarungan semakin sengit…..perlombaan jadi berdarah darah….semua orang main, semua kepentingan campur aduk, semua golongan, semua jenis produk adaaaa

Dari mulai yang jualan celana dalam sampe kampanye politik….ada semua, dari iklan bermain kata kata sampe sekarang mulai beralih ke dunia video….semua orang sekarang berprofesi sebagai sutradara…..oh bukan…..sutradara, pemain, kameramen, editor, penyunting suara, marketing, sekaligus penonton…..Multitalenta syekalih kakaaaa

Tuntutan jaman, trus gue pusing….mau berpijak dimana? Someday ini akan jenuh….semua nyemplung di kolam yang sama….kolamnya jadi merah darah, banyak korban korban berjatuhan…

Bagaimana anak anak seharusnya di didik saat ini….
Pergeseran budaya terasa sekali, dulu…cita cita hanya seputar dokter, mentri, presiden, guru, arsitek…..sekarang….anak gue aja kalo di tanya mau jadi apa? Jawabnya : vlogger, fashion designer….selebgram…..

Usia 3 tahun sudah akrab dengan dunia sosial media, mulai coba coba bikin video sendiri, selfie…..

Lo sebenernya mau nulis apa si beb?

Ga tau hahhahaha, just a random tough…

Saat ini gue merasa sedang dijejelin makanan makanan tidak sehat untuk jiwa. Menggiring kita menjadi zombie. Gimana ngga….sosmed ini memfasilitasi sekali mereka yang narsis, haus pengakuan, raja dan ratu drama. Bukannya bikin waras….malah makin maceuh kalo bahasa jerman nya mah 😜

Ada satu keyakinan gue….akan ada satu waktu, someday, ga tau kapan…sosial media akan menjadi sangat jenuh….dan sialnya orang orang kesulitan kembali ke kehidupan nyata…..harus ada media yang mewadahi…mengembalikan mereka ke kehidupan normal….

Otak otak meteka udah kadung di cuci dengan segala bentuk cerita sempurna, segala bentuk keinstanan. Gue sampe membayangkan…..di masa yang akan datang orang orang itu yang berotot itu hanya jempolnya doang hahahha

Mata melotot, obesitas, dan bisa jadi struktur tulang berubah hahahhaha…..

Hooiii nan bangoooonnnn.

Posted in Uncategorized

CATATAN SEORANG PENGUTANG

Punya utang yang lama tidak bisa di bayar itu rasanya seperti hidup tapi mati, seperti bebas tapi terpenjara. Siang terhina, malam penuh gelisah.

Gue punya satu hobi yang cukup unik dan nyusahin, nyusahin diri sendiri juga orang lain….NGUTANG

Kenapa bisa punya hobi ngutang? 

Pandangan gue terhadap uang sangat buruk, gue sangat membenci uang. Afirmasi yang tertanam di otak gue adalah ga akan mampu beli apapun kalo ngga ngutang. Uang itu bikin keluarga berantakan. Ditunjang dengan hati gue yang kurang perhatian, haus kasih sayang….akibatnya gue tidak pernah merasa cukup, selalu kurang.

Ketika dewasa…yang terjadi adalah…gue hobi ngutang….even buat beli panci gue nyicil. Gue selalu merasa kurang…tapi bertolak belakang dengan prilaku gue terhadap uang….gue BOROOSSS kakaaah….Ada duit berapapun bisa habis dalam sekejap matah….

Adaaa aja agenda menghabiskan uang. Jadi berapapun gue dapet duit ga pernah nyisa, kalo kurang? NGUTANG!

Ini semakin parah ketika menikah, menarik pasangan dalam trauma kita…..belum lagi si pasangan memiliki trauma sendiri. Masing masing sudah merasa melakukan yang terbaik, akibatnya…..semua menyerah dengan kondisi yang ada….cerai

Utang ini…betul kata agama….HINDARI!

Dengan hutang, seseorang bisa jadi seorang pendusta, munafikun…..😭 Apalagi dengan hutang yang jelas jelas tidak rasional, bercampur riba atau dosa dosa besar lainnya…yang bikin utang itu berpotensi untuk tidak bisa terbayarkan. 

Duh gue mau nulis apa sih….

Utang itu bisa bikin orang jadi salah segalanya di mata orang lain. Terutama yang kita utangin. Kita nafas aja salah. Semua perkataan, perbuatan, dan apapun yang kita para pemilik utang ini lakukan…adalah SALAH!

Benernya itu…cuma ketika lo SEGERA BALIKIN DUIT MEREKA

Lo naek dikit, gerak dikit, atau keliatan punya duit, atau jalan atau makan atau even lo cuma pasang status….bisa jadi itu SALAH BESAR untuk sebagian orang. 

Wajar…karena gue sendiri tau rasanya ketika duit kita di orang dan ga balik balik, itu keselnya setengah mati. Belom lagi kalo orang itu hidup “bahagia” 

Rasanya pengen di sumpah serapah, pengen liat orang itu bener bener kena adzab yang pedih. 

Yang saudara jadi musuh, yang tadinya teman dekat jadi perang dingin, yang tadinya saling mencintai karena Allah….jadi saling membenci karena utang.

Siapa yang salah? YANG PUNYA UTANG

Ketika lo punya utang, itu seperti ngasih cap di jidat kalo lo bisa di rendahkan, dihinakan, bahkan di caci maki, di hancurkan nama baiknya dan sebagainya….bahkan ketika itu dilakukan di ruang publik pun…lo akan tetap SEBAGAI PIHAK YANG SALAH! Orang orang akan menganggap wajar, orang akan tetap berpihak pada mereka yang uangnya kita pinjem dan belom balik….apalagi kalau bertahun tahun belom balik….

Catat lagi tuh, biar mikir berjuta juta kali untuk NGUTANG

Ngutang dibolehkan ketika lo sanggup membayarnya. Kalo lo ngutang hanya untuk memuaskan rasa haus kasih sayang….ya….siap siap ajah…lo akan mengalami fase yang sangat pedih